Kenapa Nggak Media Player Aja?

Yup, kenapa aku mesti membangun HTPC sendiri? Kenapa nggak beli media player aja? Di pasaran sudah banyak media player berkualitas yang mampu memainkan berbagai konten multimedia mulai dari gambar sampai movie. Sebut saja Acer Revo, WD TV Live, Asus O!Play, atau Apple TV misalnya. Bentuknya rata-rata simple dan fiturnya canggih-canggih. Harganya juga gak terlalu mahal, berkisar antara 150-600 USD

Jawabannya: Karena aku gak suka terikat. Seberapa canggihnya pun media player, kita tergantung pada fitur yang disediakan oleh produsennya. Kita hampir tidak mungkin menambahkan fungsi-fungsi lain ke dalam media player (Bisa sih difungsikan untuk menyambit kucing kawin atau untuk ganjel pintu, kalo tega ^_^) . Bahkan untuk menambahkan tipe media file untuk bisa dimainkan, kita harus menunggu firmware update dari produsen, yang kadang gak muncul-muncul.

Acer Revo yang berkategori nettop, sebenarnya merupakan alternatif menarik karena kita bisa meng-instal operating system di sana, menambahkan codec apa pun yang kita butuhkan untuk memainkan media file favorit kita, ataupun memasang berbagai aplikasi lain yang menunjang fungsi nya sebagai media center (yang tidak menunjang juga gak apa-apa sih). Tapi ukurannya yang mungil membatasi kemungkinan ku untuk meng-upgrade hardware-nya di kemudian hari.

Selain itu, buatku pribadi, kegiatan me-review berbagai alternatif komponen HTPC merupakan aktivitas yang menarik. Tidak selalu menyenangkan, memang. Seringkali aku harus berahadapan dengan penjelasan yang tidak jelas mengenai beberapa produk sejenis yang dikeluarkan oleh produsen yang berbeda. Marketing gimmick juga membuat proses komparasi jadi makin memusingkan. Tapi semua itu tetap menarik bagiku pribadi. Temanku selalu berkata: “HTPC is not about destination. It’s about a journey”. Dan memang proses pembangunan HTPC bagiku merupakan proses yang aku nikmati.

*) semua nama produk yang disebut dalam tulisan ini adalah merk terdaftar milik produsen masing-masing

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s