Home Theater Componen: NAS

Network Attached Storage atau biasa disingkat NAS sebenarnya cuma sekedar file server biasa. kegunaannya terutama sebagai tempat kita menaruh file-file kita sehingga semua komputer yang terhubung ke network kita bisa mengakses file tersebut. Kebetulan atas anjuran teman saya, saya memilih menggunakan NAS produksi QNAP dengan tipe TS210, dan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Sebagai file server tempat saya menaruh file-file media.
  2. Sebagai Media server yang bisa diakses oleh perangkat yang mendukung fasilitas DLNA., misalnya: XBox atau PS3. Bahkan sebenarnya TV saya juga memiliki kemampuan DLNA, tapi saya memutuskan untuk menggunakan HTPC saya sebagai media player karena ada beberapa tipe media file yang tidak bisa dimainkan oleh TV saya.
  3. Sebagai download center. Dengan demikian saya bisa men-download di NAS tanpa perlu menyalakan komputer. Sebuah feature yang sangat berguna di Indonesia, mengingat kapasitas internet Indonesia yang a la kadarnya. ^_^
  4. Gigabit LAN. Ini penting karena kita perlu menyediakan jalur data sebesar mungkin supaya media file kita bisa diakses oleh HTPC dengan lancar.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

