Home Theater Component: TV Tuner

TV tuner adalah perangkat tambahan yang memungkinkan komputer menangkap siaran televisi. Beberapa orang beranggapan bahwa HTPC tidak membutuhkan  TV tuner karena fungsinya hanya sebagai media player biasa. Namun teman saya menganjurkan saya untuk melengkapi HTPC dengan TV tuner karena dengan demikian HTPC kita jadi memili kemampuan time shift, yaitu mem-pause siaran TV! Bayangkan nikmatnya bisa menghentikan acara siaran langsung di TV yang sedang seru-serunya saat kita harus menerima tamu yang “gak tau aturan” ^_^.

Saya memilih TV tuner keluaran Hauppauge dengan tipe HVR-2200 yang memiliki feature sebagai berikut:

  1. Mampu menerima siaran digital maupun analog. Di Surabaya siaran TV nya masih analog sih, tapi gak ada salahnya untuk bersiap-siap.
  2. Dapat menampilkan 2 channel sekaligus.
  3. Mampu mengontrol perangkat set-top-box. Set-top-box biasa kita sebut decoder dan biasanya diperlukan untuk menerima siaran TV kabel atau TV satelit. Jika kita selama ini menggunakan set-top-box, maka tanpa kemampuan ini, tuner kita tidak bisa diset untuk merekam acara tertentu dari channel tertentu pada jam tertentu.
  4. Mampu merekam acara tertentu dari channel tertentu pada jam tertentu. Deja vu sama point sebelumnya gak? ^_^
  5. Dilengkapi dengan hardware MPEG encoder. Agar siaran TV analog bisa direkam dan ditampilkan di layar HTPC, siaran tersebut perlu diubah menjadi file bertipe MPEG. Ada beberapa tipe TV tuner yang tidak dilengkapi dengan hardware ini sehingga proses encoder nya diserahkan pada CPU, dan ini bisa jadi masalah kalau CPU kita kemampuannya cuma pas-pasan.
Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s